Just one second...
Siapa yang tak pernah berkirim pesan menggunakan
aplikasi whatsapp (WA) saat ini? Sebuah teknologi sistem
komunikasi antar individu bersifat digital dengan
menggunakan fitur chat. Kehandalan aplikasi komunikasi
ini telah merambah di kalangan para pelaku bisnis untuk
berkomunikasi dengan para pelanggannya.
Hingga kini, jumlah pengguna aplikasi Whatsapp di Indonesia
telah mencapai 68.8 juta orang, menjadi peringkat ke-4 tertinggi
sebagai pengguna WA terbanyak setelah India, Brazil, dan Amerika Serikat.
Dalam kaitannya dengan bisnis, Whatsapp menjadi bagian penting bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produk, menyediakan channel contact yang dapat merespon pelanggan secepat mungkin serta memungkinkan untuk percepatan penjualan produk dan jasa secara digital.Â
Siapa yang tak pernah berkirim pesan menggunakan aplikasi whatsapp (WA) saat ini? Sebuah teknologi sistem komunikasi antar individu bersifat digital dengan menggunakan fitur chat. Kehandalan aplikasi komunikasi ini ternyata tidak hanya digunakan secara individual saja tetapi mulai dilirik juga oleh para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya. Fitur digital chat yang sudah menjamur di Indonesia ini sangat mempermudah masing-masing individu maupun pelaku bisnis untuk menyampaikan beragan informasi. Seperti Aplikasi Whatsapp yang sudah tersebar luas di kalangan individu maupun pelaku bisnis di Indonesia. Pengguna aplikasi Whatsapp di Indonesia berjumlah sekitar 68.8 juta orang, yang mana merupakan peringkat ke-4 tertinggi sebagai pengguna aplikasi Whatsapp terbanyaksetelah negara India, Brazil, dan Amerika Serikat.
Whatsapp Business Platform adalah sebuat fitur resmi yang diluncurkan oleh perusahaan Whatsapp bagi para pelaku usaha. Dengan menggunakan Whatsapp Business Platform, perusahaan dapat menghubungkan ribuan agent dan bot untuk bisa berinteraksi secara manual dan juga terprogram.
Ketika sebuah perusahaan akan mempromosikan suatu barang/jasa melalui Whatsapp juga mengirimkan pesan sekaligus dalam satu waktu kepada ribuan pelanggan. Dengan skalabilitas pesan yang besar dan masif, keberadaan Whatsaap Business Plastform ini akan sangat efektif dalam melakukan komunikasi digital perusahaan.
Terdapat 2 jenis layanan pelanggan yang dapat dikelola melalui Whatsapp Business Platform yakni Customer Care (Inbound) dan Template Message/push notification (Outbound).
.
Whatsapp Application Programming Interface (API) adalah sebuat fitur resmi yang diluncurkan oleh perusahaan Whatsapp, ditujukan bagi para pebisnis tiap perusahaan yang menggunakannya. API dapat diketahui sebagai elemen yang dapat mengitegrasikan perangkat lunak aplikasi. API menyediakan sistem yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa harus tahu bagaimana penerapannya (sistem chatbot).
Sistem API yang disediakan pada Whatsapp Business API memberikan kemudahan bagi para penggunanya, dapat menghemat waktu dan biaya proses bisnis perusahaan (cost and time effectiveness). Whatsapp Business API dapat diterapkan pada sistem Costumer Relationship Management (CRM) dan Costumer Service, yang memberikan fleksibilitas dan sistem yang terintegrasi.
Terdapat 2 jenis layanan pelanggan yang dapat dikelola melalui Whatsapp Business API yakni Customer Care (Inbound) dan Template Message/push notification (Outbound).
Terdapat 2 jenis layanan pelanggan yang dapat dikelola melalui Whatsapp Business API yakni Customer Care (inbound) dan Template Message/push notification (outbond), seperti ilustrasi berikut :
Untuk memasarkan Whatsapp Business Platform ini, Infomedia telah menjadi mitra resmi sebagai Whatsapp Business Service Provider yang akan membantu perusahaan menyediakan, memasang dan mengoperasionalkan Whastapp Business Platform pada sistem yang telah dimiliki. Perusahan dapat memperoleh kemudahan sistem dalam mengirim pesan dengan berbagai tipe pesan, keamanan yang terjamin (end-to-end encripted) dalam berinteraksi dengan pelanggan, hingga terintegrasi dengan platform unggulan Infomedia – OMNIX.
Whatsapp Business Platform sendiri tersedia dengan spesifikasi berupa customer service yang diperuntukan bagi individual customer support dan automated customer support serta notifikasi proses verifikasi, konfirmasi, alert maupun reminder.