Just one second...
Bicara mengenai situasi gawat darurat disebuah
negara, bayangan orang akan segera lari ke satu
nomor akses 911. Namun hal ini tidak terjadi di
Indonesia, kita masih memiliki banyak nomor call
center terkait kegawatdaruratan. Salah satunya
adalah 112. Nomor yang disediakan oleh pemerintah
melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi
(Kominfo) ini dapat diakses secara gratis tanpa pulsa
oleh pengaksesnya karena memang difungsikan
untuk layanan panggil darurat dan genting.
Call center 112 kedepannya, digadang-gadang akan menjadi
911 milik Indonesia dengan single number yang saling
terintegrasi. Infomedia sendiri telah memperkenalkan layanan
112 ini jauh sebelum pandemi Covid 19 datang. Kehadiran 112
saat itu adalah untuk menjembatani kebutuhan akan layanan
publik masyarakat di Indonesia. Seiring dengan kemunculan
Covid 19, perlahan fungsi call center 112 menjadi lebih sibuk
dengan urusan penanganan pandemi.
Bicara mengenai situasi gawat darurat disebuah negara, bayangan orang akan segera lari ke satu
nomor akses 911. Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia, kita masih memiliki banyak nomor call center terkait kegawatdaruratan. Salah satunya adalah 112. Nomor yang disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ini dapat diakses secara gratis tanpa pulsa oleh pengaksesnya karena memang difungsikan untuk layanan panggil darurat dan genting. Call center 112 kedepannya, digadang-gadang akan menjadi 911 milik Indonesia dengan single number yang saling terintegrasi. Infomedia sendiri telah memperkenalkan layanan 112 ini jauh sebelum pandemi Covid 19 datang. Kehadiran 112 saat itu adalah untuk menjembatani kebutuhan akan layanan publik masyarakat di Indonesia. Seiring dengan kemunculan Covid 19, perlahan fungsi call center 112 menjadi lebih sibuk dengan urusan penanganan pandemi.
Lalu sebagai pengguna, kapan masyarakat bisa
memanfaatkan call center 112? Ada beberapa kondisi, yaitu
pada saat mereka berada dalam kondisi yang berbahaya,
sedang mendapat ancaman, atau memerlukan pertolongan
secepatnya( kecelakaan, bencana alam, kebakaran,
perampokan dan lain-lain). Nantinya akan hadir petugas
pusat yang akan menerima laporan tersebut dan
meneruskannya ke pihak berwenang di daerah masing
masing, misat laporan di daerah Madiun, maka akan
ditindak lanjuti petugas di Madiun. Masyarakat sebagai
pengguna serta pemerintah kota/kabupater/provinsi
sebagai perwakilan pemerintah dalam penyediaan layanan
call center 112 ini juga akan memperoleh banyak manfaat
sepertt database yang terpusat, identifikasi lokasi jaringan
terjamin, penyimpanandi awan/cloud based serta aplikasi
yang real time.
Hadirnya pemerintah ditengah warga negara nya
jelas dapat tergambar dalam penyelenggaraan
layanan call center 112 ini. Selain memberikan
fasilitas layanan publik yang mumpuni, keberadaan
112 disebuah pemerintahan daerah dapat
memberikan jaminan keamanan bagi seluruh
warganya.
Lalu sebagai pengguna, kapan masyarakat bisa memanfaatkan call center 112? Ada beberapa kondisi, yaitu pada saat mereka berada dalam kondisi yang berbahaya, sedang mendapat ancaman, atau memerlukan pertolongan secepatnya( kecelakaan, bencana alam, kebakaran, perampokan dan lain lain). Nantinya akan hadir petugas pusat yang akan menerima laporan tersebut dan meneruskannya ke pihak berwenang di daerah masing masing, misat laporan di daerah Madiun, maka akan ditindak lanjuti petugas di Madiun. Masyarakat sebagai pengguna serta pemerintah kota/kabupater/provinsi sebagai perwakilan pemerintah dalam penyediaan layanan call center 112 ini juga akan memperoleh banyak manfaat sepertt database yang terpusat, identifikasi lokasi jaringan terjamin, penyimpanandi awan/cloud based serta aplikasi yang real time.
Hadirnya pemerintah ditengah warga negara nya jelas dapat tergambar dalam penyelenggaraan layanan call center 112 ini. Selain memberikan fasilitas layanan publik yang mumpuni, keberadaan 112 disebuah pemerintahan daerah dapat memberikan jaminan keamanan bagi seluruh warganya.
Pemerintah Daerah sebagai user 112 diberikan sejumlah penawaran berupa fitur yang dapat dimanfaatkan dalam layanan call center 112. Pertama adalah, dimana platform yang digunakan dalam layanan call center 112 dapat menggunakan beragam saluran komunikasi, baik voice maupun digital dalam menerima panggilan call. Kedua adalah, sistem pencatatan laporan ditambahkan dengan recording atau rekaman sehingga ada pertanggung jawaban.
kehadiran layanan publik yang bersifat
kegawat daruratan merupakan hal yang
seharusnya dapat segera dimplementasikan
saat ini oleh seluruh Pemerintah Daerah di
pelosok Indonesia, sehingga mimpi untuk
integrasi seluruh nomor akses layanan publik
ini dapat segera terwujud. Tak ada 911 di
Indonesia, 112 pun jadilah.