Just one second...
Satu lagi memperkenalkan layanan publik dari
Indonesia untuk kegawat daruratan, yaitu Call
center 119. Sama seperti 112, kehadiran 119 menjadi
salah satu media untuk menangani
kegawatdaruratan bagi masyarakat. Layanan ini
merupakan salah satu program kerja dari
pemerintah yang didukung oleh Infomedia.
Kementerian Kesehatan Ri Kemenkes)
telah mengembangkan konsep Sistem
Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu
(SPGDT) yang memadukan penanganan
gawatdarurat mulai dari tingkat pra
rumah sakit sampai tingkat rumah
sakit dan rujukan antara rumah
sakit dengan pendekatan lintas program
dan multisektoral.
Call center 119 ini adalah salah satu
pelayanan publik yang disediakan
pemerintah dalam rangka
peningkatan pelayanan kualitas
kesehatan, terutama dalam masa
pandemi Covid 19. Sebagai salah
satu penyedia layanan contact
center di lindonesia, Infomedia turut
berkontribusi atas program kerja
tersebut dengan turutaktif
menyuarakan kehadirannya 119
untuk melengkapi layanan di
tengah masyarakat.
Satu lagi memperkenalkan layanan publik dari Indonesia untuk kegawat daruratan, yaitu Call center 119. Sama seperti 112, kehadiran 119 menjadi salah satu media untuk menangani kegawatdaruratan bagi masyarakat. Layanan ini merupakan salah satu program kerja dari pemerintah yang didukung oleh Infomedia.
Kementerian Kesehatan Ri Kemenkes) telah mengembangkan konsep Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang memadukan penanganan gawatdarurat mulai dari tingkat pra rumah sakit sampai tingkat rumah sakit dan rujukan antara rumah sakit dengan pendekatan lintas program dan multisektoral.
Call center 119 ini adalah salah satu pelayanan publik yang disediakan pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan kualitas kesehatan, terutama dalam masa pandemi Covid 19. Sebagai salah satu penyedia layanan contact center di lindonesia, Infomedia turut berkontribusi atas program kerja tersebut dengan turutaktif menyuarakan kehadirannya 119 untuk melengkapi layanan di tengah masyarakat.
Ada beberapa kondisi yang membuat masyarakat bisa menggunakan layanan 119, misalnya saat berada dalam kondisi yang darurat, sedang mendapat ancaman baik jiwa maupun psikis, atau memerlukan pertolongan. Kondisi ini akan disampaikan kepada petugas, dan nantinya petugas pusat komunikasi (PSC 119) yang menerima laporan akan meneruskan laporan tersebut kepada pohak RSUD maupun Puskesmas. Katakanlah terjadi insiden pembunuhan di Kapubaten Solo, maka laporan akan sampai di RS wilayah Solo. Menariknya nomor ini bisa masyarakat hubungi dengan nomor ponsel/telpon rumah.
Bagi Pemerintah Daerah yang Awere terhadap masalah kesehatan warganya, tentu mendukung program kerja pemerrintah ini. Melalui Dinas Kesehatan setempat, sebuah Pemerintah daerah dapat menyelenggarakan layanan 119 secara mandiri dengan fitur, seperti :
Kalau tadi kita sudah bicarakan fitur dari layanan call center 119, lalu apa benefit yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Tentu banyak mengingat ini merupakan nomor akses layanan masyarakat yang ada untuk memberikan bantuan dukungan bagi masyarakat sendiri Layanan call center 119 dapat membantu menangani insiden dengan cepat/real time, meningkatkan kualitas interaksi dengan pemerintah. semua laporan dapat terekam dan data report call traffic bisa dimonitor sehingga dapat menjadi acuan dasar bagi pemerintah setempat untuk membuat satu kebljakan terkait end to end masalah kesehatan di daerahnya