Just one second...

 

Infomedia dan GSS BUMN perkenalkan Metode Learning 5.1

4 March, 20210
https://www.infomedia.co.id/wp-content/uploads/2021/03/GSS-BUMN-Learnin-5-point-1-copy.jpg

Infomedia selaku Operator Shared Service Operation dari GSS BUMN laksanakan Webinar dengan tema“Introducing Learning 5.1”  selaras dengan komitmen BUMN dalam melakukan digitalisasi dan inovasi  pada hari Rabu, 3 Maret 2021. Webinar yang digelar bersama dengan jajaran Direksi BUMN Cluster Asuransi dan Dana Pensiun, klaster Industri Kesehatan, klaster industri manufaktur, serta jajaran dari Kementerian BUMN secara online melalui aplikasi Zoom dan Youtube Live ini, menghadirkan Alex Denni – Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN (The Author of Learning 5.1 Book) sebagai pembicara. Acara dihadiri secara virtual oleh Andus Winarno – Asisten Deputi MSDM Kementerian BUMN, Imam Bustomi – Asisten Deputi Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Agus Winarno – Direktur Utama Infomedia beserta jajaran, Senior Leader Telkom serta undangan dengan total 750 partisipan dalam kegiatan pertama dari GSS Festival.

Demi terciptanya daya saing yang lebih baik dari segi bisnis dan kompetensi SDM, Alex memperkenalkan Transformasi Learning 5.1. “Learning 5.1 adalah tentang menembus batas pemikiran, menerobos konvensi dan kesepakatan, mengubah kebiasaan, dan mentransformasi cara belajar yang telah ketinggalan zaman”, terang Alex. Mindset learner as the center of learning dan learn how to learn menjadi tema sentral dari Learning 5.1.

Lanjutnya, saat ini kita sebagai insan revolusi industri ditantang untuk menjadi Agile (gesit). Karena cepat atau lambat, pekerja akan menghadapi terjadinya job shifting yang menyebabkan banyak pekerjaan akan hilang karena tegantikan oleh teknologi. Penerapan Agile pada diri tentu harus disertai dengan pengembangan kemampuan (skill). Alex pun memperkirakan beberapa skill yang semakin berkembang di tahun 2022, yakni:

  1. Analytical thinking and innovation
  2. Active Learning and learning strategies
  3. Creativity, originality, and initiative
  4. Technology design and programming
  5. Critical thinking and analysis
  6. Complex problem-solving
  7. Leadership and social influence
  8. Emotional intelligence
  9. Reasoning, problem-solving, and ideation
  10. Systems analysis and evaluation

Skill dapat diperoleh dengan proses belajar yang terus menerus. Menurutnya, proses belajar bisa menjadi lebih efektif dengan 70% Experiential Learning, 20% Social Learning, dan 10% Formal Learning. Manajemen perusahaan dirasa perlu untuk membantu karyawan dalam mengembangkan skill. Berikut konsep yang dapat mengajak karyawan untuk belajar, menurut Alex:

  1. Learning Wallet, anggaran yang didistribusikan untuk seluruh karyawan
  2. Daily Quiz, memberikan soal atau pertanyaan seputar bidang pekerjaannya
  3. Collaborative Adult Learning, mencari jawaban dari pertanyaan atau soal yang tidak dimengerti oleh karyawan

4, Digital Platform, menyediakan platform untuk karyawan belajar dan mencari jawaban dari soal yang diberikan dengan tujuan mempercepat proses pembelajarannya

Dari konsep tersebut, nantinya bisa menimbulkan dampak yang positif seperti meningkatnya engagement, meningkatnya employer branding, menurunnya turn over rate, serta meningkatnya produktifitas.

Dengan digelarnya webinar ini, diharapkan dapat membuka wawasan insan BUMN dalam memahami cara belajar dan mengetahui metode pembelajaran di era new normal. Tujuan utama dari metode  dapat menciptakan dan mengembangkan kompetensi insan BUMN yang memiliki talenta unggul dan berdaya saing global.

#BUMN untuk Indonesia

#Jayalah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *