Just one second...

 

Nomor Akses 112
Call Center
Kegawatdaruratan
di Indonesia

Bicara mengenai situasi gawat darurat disebuah negara,
bayangan orang akan segera lari ke satu nomor akses 911.
Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia, kita masih memiliki
banyak nomor call center terkait kegawatdaruratan. Salah satunya
adalah 112. Nomor yang disediakan oleh pemerintah melalui
Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo),ini dapat diakses
secara gratis tanpa pulsa oleh pengaksesnya, karena memang difungsikan
untuk layanan panggil darurat dan genting.

Call center 112 kedepannya, digdang-gadang akan menjadi 911 milik Indonesia dengan simple number yang saling terintregasi. Infomedia sendiri telah memperkenalkan layanan 112 ini jauh sebelum pandemi Covid-19 datang. Kehadiran 112 saat itu adalah untuk menjembatani kebutuhan akan layanan publik masyarakat di Indonesia. Seiring dengan kemunculan Covid-19, perlahan fungsi call center 112 menjadi lebih sibuk dengan urusan penanganan pandemi.

Nomor Akses 112
Call Center
Kegawatdaruratan
di Indonesia

Bicara mengenai situasi gawat darurat disebuah negara, bayangan orang akan segera lari ke satu nomor akses 911. Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia, kita masih memiliki banyak nomor call center terkait kegawatdaruratan. Salah satunya adalah 112. Nomor yang disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo),ini dapat diakses secara gratis tanpa pulsa oleh pengaksesnya, karena memang difungsikan untuk layanan panggil darurat dan genting.

Call center 112 kedepannya, digdang-gadang akan menjadi 911 milik Indonesia dengan simple number yang saling terintregasi. Infomedia sendiri telah memperkenalkan layanan 112 ini jauh sebelum pandemi Covid-19 datang. Kehadiran 112 saat itu adalah untuk menjembatani kebutuhan akan layanan publik masyarakat di Indonesia. Seiring dengan kemunculan Covid-19, perlahan fungsi call center 112 menjadi lebih sibuk dengan urusan penanganan pandemi.

https://www.infomedia.co.id/wp-content/uploads/2021/11/Model-112.png

Lalu sebagai pengguna, kapan masyarakat bisa memanfaatkan call center 112 ? Ada beberapaka kondisi, yaitu pada saat mereka berada dalam kondisi yang berbahaya, sedang mendapat ancaman, atau memerlukan pertolongan secepatnya ( Kecelakaan, bencana alam, kebakaran, perampokan, dan lain-lain). Nantinya akan hadir petugas pusat yang akan menerima laporan tersebut dan meneruskannya ke pihak berwenang di daerah masing-masing. Misal laporan di daerah Madiun, maka akan ditindaklanjuti petugas di Madiun. Masyarakat sebagai pengguna serta pemerintah kota/kabupaten/provinsi sebagai perwakilan pemerintah dalam penyediaan layanan call center 112 ini, juga akan memperoleh banyak manfaat seperti database yang terpusat, identifikasi lokasi, jaringan terjamin, penyimpanan di awan/cloud based serta aplikasi yang real time.

Hadirnya pemerintah di tengah warga negaranya jelas dapat tergambar dalam penyelenggaraan layanan call center 112. Selain memberikan fasilitas layanan publik yang mumpuni, keberadaan 112 di sebuah pemerintah daerah dapat memberikan jaminan keamanan bagi seluruh warganya.

Pemerintah Daerah sebagai user 112 diberikan jumlah penawaran berupa
fitur yang dapat dimanfaatkan dalam layanan call center 112. Pertama
adalah dimana platform yang digunakan dalam layanan call center 112 dapat
menggunakan beragam saluran komunikasi, baik voice maupun digital dalam menerima
panggilan call. Kedua adalah, sistem pencatatan laporan ditambahkan dengan
recoding atau rekaman sehingga ada pertanggung jawaban.

Sungguh sebuah keniscayaan bahwa kehadiran layanan publik
yang bersifat kegawatdaruratan merupakan hal yang seharusnya dapat segera
diimlplementasikan saat ini oleh seluruh Pemerintah Daerah di pelosok Indonesia,
sehingga mimpi untuk integrasi seluruh nomor akses layanan publik ini dapat
segera terwujud. Tak ada 911 di Indonesia, 112 pun jadilah.