Just one second...

 

Seperti Apa Digitalisasi di Industri Banking di era 4.0?

5 June, 20220
https://www.infomedia.co.id/wp-content/uploads/2022/06/Gambar-1-Perbankan-1.png

Seringkali kita dengar bahwa masa ini adalah eranya industri 4.0. Tapi kalau ditanya apa sebenarnya industri 4.0? Masih banyak yang belum paham secara mendalam.  Era industri4.0 sendiri mengacu pada fenomena antara terjadinya kolaborasi antara siber dan teknologi otomatisasi yang mengakibatkan banyak terjadinya perubahan di berbagai sektor kehidupan bermasyarakat.

Salah satu yang terdampak adalah customer experience (CX) yang merupakan salah satu strategi perusahaan untuk memberikan pengalaman dalam mengenal dan menggunakan produk dan layanan perusahaan. CX juga telah mengalami evolusi dalam penyesuaiaan di era 4.0 ini. Mengingat sedemikian luasnya segmen market yang menjadikan CX sebagai media marketing, maka kali ini kita hanya akan fokus pada industri Perbankan.

Masa pandemi Covid-19 secara langsung telah mengubah perilaku pelanggan dalam menggunakan sebuah produk maupun layanan, termasuk pada industri Perbankan yang dipercaya menjadi barometer kemajuan perekonomian suatu negara, sehingga untuk urusan penyediaan layanan pelanggan harus menjadi prioritas utama.

Bicara layanan pelanggan/customer relationship management (CRM), penggunaan berbagai macam kanal interaksi-komunikasi kian berkembang, Dari layanan voice(call center) hingga media sosial (contact center) yang kesemuanya memiliki benefit bagi pelanggan untuk memperoleh informasi terperinci mengenai suatu produk, Layanan Perbankan menjadi industri yang krusial untuk mengeksplore lebih jauh experience bagi pelanggannya.

Mendukung CX perusahaan agar lebih baik, Infomedia menggagas OMNIX sebagai platform omnichannel dari Infomedia yang hadir mengawal layanan pelanggan di era industri4.0. Platform CRM ini telah diadopsi oleh hampir sebagian besar Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) serta perbankan swasta tanah air.

Dengan kemampuan mengintegrasikan berbagai kanal interaksi, Omnix sebagai platform end to end layanan pelanggan handal digunakan dalam mendukung aktifitas layanan pelanggan baik inbound maupun outbound call hingga hadirnya chatbot dan sosial media. Dukungan teknologi tinggi juga diharapkan dapat menjawab faktor keamanan transaksi keuangan sebagai syarat utama layanan pelanggan pada industri Perbankan.

Lalu apalagi yang harus dilakukan pelanggan jika sudah menggunakan tool CRM? Ternyata masih ada rangkaian aktifitas CRM yang harus dipantau di era digital saat ini, salah satunya adalah reputasi online Dimana lnfomedia akan membantu mengelola reputasi perusahaan dengan cara mengontrol interaksi percakapan yang terjadi secara online yang bertujuan dapat mendukung pemasaran, mempertahankan dan meningkatkan brand serta membangun reputasi positif perusahaan. Saat ini, pengelolaan manajemen reputasi online/ORM oleh Infomedia juga mulai digunakan beberapa HIMBARA dengan alasan dapat mengurangi visibilitas kehadiran reputasi negatif dan bertahan terhadap ancaman reputasi online.

Selain OmniX dan Manajemen Reputasi Online yang memperkuat aktifitas CRM dari Perbankan, Infomedia juga menyediakan solusi Survei Pengalaman Pelanggan yang dapat membantu mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai umpan balik guna meningkatkan layanan Perbankan. Selain juga dapat mengidentifikasi peluang keunggulan lain dari solusi yang ditawarkan Infomedia ini, mampu memvisualisasikan data dengan cakupan luas, komprehensif dan terbaik di platform yang sudah terintegrasi

Berbagai solusi produkdan layanan yang juga diikuti dengan pengelolaan operasional Perbankan telah memperlihatkan secara nyata dukungan Infomedia pada digitalisasi industri Perbankan di era 4.0. Pengembangan produk dan solusi akan terus dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi end customer Perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT Infomedia Nusantara
OUR LOCATIONSWhere to find us
https://www.infomedia.co.id/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.