117 sebagai pusat layanan tanggap bencana yang dikelola oleh BNPB Kembali diperluas melalui Kerjasama Telkom, Satgas Penanganan Covid19, BNPB dan Palang Merah Indonesia (PMI). Layanan dengan nomor kontak 117 ext 5 ditetapkan sebagai call center Plasma Konvalesen melalui program Plasma BUMN untuk Indonesia.
Sebagai bagian dari Telkom Group, Infomedia dipercaya untuk mengelola Call center tersebut dengan kapasitas 2 inbound dan 5 Outbound dan berlokasi di Jakarta, tepatnya di Kantor BNPB Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Call Center Plasma Konvalesen ini telah aktif beroperasi sejak 8 Februari 2021.
“Hingga kini penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menjadi fokus pemerintah yang terus diupayakan dengan berbagai cara. Salah satunya menyediakan layanan call center ini,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, dikutip dari Antara, Selasa (9/2/2021). Menurut Edi, call center 117 ext 5 ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai plasma konvalesen dan mendaftar jika ingin menjadi pendonor. Selanjutnya, masyarakat akan dipandu hingga proses donor di UDD (Unit Donor Darah) PMI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Kehadiran call center ini diharapkan dapat mempercepat proses pengumpulan donor plasma konvalesen yang dapat menolong masyarakat yang terdampak Covid-19. Call center plasma konvalesen memiliki operator dan verifikator yang telah dibekali pelatihan soft skill dari Infomedia selaku anak usaha Telkom dan hard skill dari PMI dan BNPB.