Just one second...

 

Infomedia Garap Shared Service Operation Telkom Regional

17 March, 20210
https://www.infomedia.co.id/wp-content/uploads/2021/03/Shared-Service-Infomedia.jpeg

Komitmen Infomedia dalam mengimplementasikan Shared Service Operation di Telkom Group dilanjutkan dengan pelaksanaan Kick Off Observasi Onsite Shared Service Operation (SSO) di Telkom Regional pada hari Senin, 15 Maret 2021. Pada kesempatan tersebut hadir, SVP Group Corporate Transformation (GCT) – Ikhsan, EVP Telkom Regional (T-Reg) 1 – Machsus Kusuma Apriyono, Direktur Marketing and Sales Infomedia – Yusron Hariyadi, serta Sekjen Sekar Telkom – Imam Budi Santoso.

Transformasi Telkom Regional di era digital saat ini dirasa tepat menurut Machsus. Ia yakin langkah Telkom Group ini dilaksanakan menuju ke arah perbaikan. “Mengingat pertimbangan perubahan bisnis akibat covid yang masih terjadi, perlu adanya dukungan khusus di masa WFH,” jelas Machsus.

Hal ini disambut dengan semangat oleh Imam. Sekar bersama GCT siap mengawal Transformasi Organisasi Digital Telkom, termasuk implementasi SSO yang saat ini memasuki tahapan observasi on site, hingga nanti saat telah di running nya SSO di lingkup T-Reg. “Semoga observasi on site berjalan lancar dan mampu memotret kegiatan Witel dan TREG sehingga dapat membawa perbaikan,” ungkap Imam.

Dari 10 Program Strategic Initiative Telkom 2021 – 2025, saat ini observasi berfokus pada ‘Gear up for Streamlined Lean Digital – Ready Organization’. Di mana di dalamnya terdapat program ‘Achieve Lean Corporate Function and Establish National Leading SSO’. Lingkup program observasi dilakukan secara paralel di TReg 1,5 dan 7 untuk fungsi Human Capital, Finance, Procurement dan IT. Sejalan dengan itu, program tersebut akan menghadirkan Telkom Shared Service Center dimana Infomedia sedang dalam tahap mendeliver Global Shared Service untuk seluruh BUMN di Indonesia.

Proses observasi dari Infomedia dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan operasional. “Nantinya, hasil dari observasi akan diformulasikan, sebagai input dalam piloting (uji coba) program di bulan April”, terang Eka dalam paparannya. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi efektifitas program sebelum diimplementasikan secara menyeluruh dalam transformasi regional yang direncanakan berjalan di bulan Juni.

Infomedia saat ini ditugaskan dan dipercaya oleh kementrian BUMN sebagai entitas pelaksana untuk Global Shared Service (GSS) BUMN. Di lingkup Telkom, salah satu implementasi SSO diwujudkan dalam bentuk transformasi regional. Saat ini transformasi dimaksud akanmemasuki tahap observasi yang difokuskan pada fungsi Human Capital dan Finance. “Ini dilakukan untuk memetakan keseluruhan proses dari 2 pilar tersebut sehingga nantinya dapat menjadi referensi dan pedoman saat implementasi transformasi organisasi di lingkup Telkom Regional”, jelas Yusron. Observasi dilakukan melalui 3 tahap yaitu melalui mekanisme Pengisian Questioner Observasi, Study on desk, dan In depth Observasi.

Ikhsan sendiri menilai perlunya dilakukan transformasi bisnis agarr kita tetap bisa bersaing di era digital saat ini. Keberhasilan transformasi bisnis dapat tercapai dengan cara transformasi organisasi, teknologi dan pemenuhan kompetensi. “Penguatan fondasi pada digital platform dan digital service diperlukan untuk pembenahan tata kelola network access”, ungkap Ikhsan. Penguatan B2B di regional dan penguatan teritori juga diharapkan bisa dicapai melalui implementasi SSO.

Kegiatan yang diikuti oleh 96 partisipan zoom dari GCT, Sekar, Infomedia, Treg 1,5 dan 7 kemudian diakhiri dengan pengesahan Kick Off Observasi Onsite Shared Service Operation oleh Ikhsan. Dengan begitu diharapkan agar seluruh lapisan Telkom dapat segera bertransformasi dan menjadi lebih baik untuk terus berkontribusi bagi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *